2

Strategi me Motivasi Karyawan (Low Budget!)

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang pimpinan adalah memotivasi tim / karyawannya. Bisa dibayangkan jika seorang karyawan tidak termotivasi, ia tidak bisa bekerja dengan optimal serta mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Yang harus dipahami, memotivasi karyawan tidak melulu soal uang. Tidak jarang, ada karayawan yang keluar perusahaan, bukan karena uang, tetapi ia merasa tidak nyaman di perusahaan. Entah misalnya karena relasi yang tidak baik dengan rekan kerja, ataupun karena merasa tidak dihargai oleh pimpinannya.

Seringkali pimpinan kurang tepat dalam memotivasi karyawan, ketika karyawan salah, ia akan tegur & permalukan di hadapan rekan kerja nya, sedangkan jika benar, tidak dipuji.

Itu kebalik ya, idealnya kalau mau kita tegur, justru jangan di hadapan banyak orang, tetapi kalau kita mau memuji, kita puji di hadapan teman temannya. Itu karyawan akan merasa dihargai dan lebih respect terhadap pimpinannya.



Selain itu, untuk memotivasi karyawan, tidak perlu mengeluarkan uang banyak.

Caranya misalnya dengan memberikan pujian ketika ia bekerja dengan tepat dan lebih dari yang diharapkan. Akui dia telah melakukan pekerjaan yang bagus, itu saja akan termotivasi lebih.

Hal ini juga yang saya lakukan ketika saya menjadi konsultan untuk salah satu klinik fisioterapis di Surabaya. Untuk meningkatakan performa para fisio di sana, saya membuat sebuah program, di mana mereka akan mendapatkan feedback dari pasien. Lalu di akhir bulan akan dihitung, siapakah yang mendapatkan skor tertinggi, akan menjadi fisio terbaik.

Di bulan kemarin, (Bulan Juli 2017), yang menjadi fisio terbaik adalah Ulfa.

Saya pun membelikan piala sederhana, yang nanti akan bergilir untuk para fisio terbaik di bulan bulan selanjutnya. Saya belum sempat menghias piala tersebut, sehingga masih polos. Hehe. Saya meminta mereka nanti untuk menghias piala bergilir tersebut.

Dengan memberikan program seperti itu, terbukti bisa meningkatkan performa dari mereka. Mereka bekerja dengan lebih optimal. Ada perasaan kompetisi ini juga, menjadikannya lebih seru ya. Dampaknya ya omzet jadi lebih meningkat.

Sang pemilik pun juga tidak segan memberikan bonus gift kepada yang terbaik.

Bagaimana kah dengan Anda, bagaimana selama ini cara Anda memotivasi tim / karyawan Anda? Tulis jawaban Anda di kolom komentar di bawah ini ya.

Semoga bermanfaat!



Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.