Sebelum Memimpin Orang Lain, Miliki Kemampuan Ini

Ketika kita menginginkan naik gaji, itu berarti tanggung jawab kita semakin bertambah. Selain itu, kemampuan yang dibutuhkan ketika Anda menjadi staff lalu menjadi pimpinan, atau dari self employee, lalu menjadi entrepreneur, pun juga berbeda.

Jika sebelumnya Anda dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik.

Selanjutnya Anda dituntut untuk bisa mengkoordinasi dan menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan melalui orang lain.

Yang harus diingat adalah: Kita tidak bisa menjadi pemipin untuk orang lain, tanpa menjadi pemimpin yang baik untuk diri kita sendiri.

Ada sebuah prinsip tentang “Lingkaran Pengaruh”. Bisa diperhatikan di gambar di bawah ini, lingkaran utama adalah “control” yaitu apa yang bisa kita kontrol / pengaruhi, yaitu diri kita sendiri.

Sedangkan di lingkaran kedua adalah hal hal yang bisa kita pengaruhi¬† (influence), seperti orang lain. Di sinilah bagian “memimpin orang lain”.

Sebelum kita bisa berada di lingkaran kedua (memimpin orang lain), kita harus mampu menguasai lingkaran utama dahulu (memimpin diri sendiri).

Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang membawa tim Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan, pertanyaannya apakah Anda sudah menjadi pemimpin yang baik untuk diri kita sendiri?

Bagaimana kita bisa meminta orang lain menjadi disiplin, jika kita sendiri tidak disiplin?

Jadi, mulai dulu dari diri sendiri. Salah satu ciri seorang pemimpin yang baik adalah memiliki visi. Pemimpin selalu memiliki visi ke arah mana ia ingin tuju.

Ibaratnya pilot pesawat ataupun nahkoda kapal yang membawa penumpang, tanpa ada tujuan atau visi yang jelas.

Mereka tidak akan ke mana mana. Atau mungkin justru berjalan ke tempat yang tidak diharapkan, karena sejak awal tidak memiliki tujuan.

Sekarang jika Anda ingin menjadi pemimpin, pertanyaannya: Apakah Anda sudah mampu memimpin diri sendiri untuk mencapai goal Anda? Apakah Anda sudah memiliki visi untuk hidup Anda?

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: