Review Unleash The Power Within (Hari 4)

Dari berbagai aspek dalam hidup yang dijelaskan Tony Robbins untuk ditingkatkan, satu aspek yang paling penting dan menjadi pondasi bagi berbagai aspek lain adalah aspek kesehatan.

Tanpa adanya kesehatan, kita tidak bisa berkumpul dan bermain bersama keluarga, tidak bisa bekerja, dan mempraktikkan berbagai hal hal yang telah kita pelajari.

Untuk itu, kita harus fokus pada kesehatan, yang akan mendukung kita untuk mencapai tujuan tujuan yang ada dalam hidup.

Dengan memiliki kesehatan, kita akan memiliki satu yang namanya ENERGY. Energy ini yang akan membantu dan mendorong kita untuk mencapai target target kita dalam hidup.

Lalu pertanyaannya, dari mana kah datangnya energy?

Di seminar Tony Robbins, banyak yang mengatakan energy datang dari makanan. Namun ingatkah Anda, seringkali setelah selesai makan siang hari, Anda justru mengantuk dan lemas?

Jadi energy ini datang dari sel tubuh kita.

Ada 3 hal yang mempengaruhi kesehatan sel tubuh kita:
1. Oksigen.
2. Air
3. Kemampuan tubuh menghilangkan racun dalam diri.
Kemampuan menghilangkan racun ini, dipengaruhi oleh sistem limfa (lymph system, bukan limpa ya!)

Ada 8 Gift yang Anda berikan ke tubuh Anda, agar kesehatan Anda lebih optimal:

GIFT 1: THE POWER OF VITAL BREATHING & LYMPHASIZING
Seperti yang disampaikan di atas, bahwa oksigen adalah hal yang penting untuk kesehatan kita. Kita bisa tetap hidup dalam seminggu tanpa makanan, beberapa hari tanpa air, tapi hanya beberapa menit tanpa oksigen!

Untuk itu perlu teknik pernafasan yang tepat agar oksigen bisa masuk dan diserap dengan optimal oleh tubuh.

Teknik pernafasan yang disarankan adalah 1 : 4 : 2. Itu adalah perbandingan, 1 : Tarikan nafas, 4 : tahan nafas, 2 : buang nafas.

Jadi kalau Anda tarik nafas selama 3 detik, berarti Anda musti tahan selama 12 detik, dan membuang (menghembuskan)nya selama 6 detik.

Dan ingat, ketika bernafas, gunakan lah pernafasan perut bukan dada. Pernafasan perut yang tepat ditandai ketika Anda bernafas, perut Anda yang mengembang. Jika ketika bernafas dada Anda mengembang dan bahu Anda meninggi, itu adalah pernafasan dada.

Ketika Anda melakukan pernafasan perut, oksigen yang masuk ke dalam paru paru dan diri kita akan lebih optimal.

Lakukan teknik ini 10 kali di pagi, siang, dan malam hari, sehingga Anda memberikan oksigen yang optimal untuk tubuh Anda.

Selain dengan melakukan pernafasan, kita juga bisa merangsang dan memperkuat sistem limfa kita dengan teknik rebounding.

Disarankan melakukan rebounding (atau lompat lompat) ini dengan menggunakan trampolin. Namun jika tidak ada, Anda bisa melakukan tanpa trampolin. Saya beberapa kali dalam sehari melakukan lompat lompat ini, sambil tangan ke atas minimal 10 detik.

Selain untuk kesehatan, Anda akan merasa jauh lebih fresh juga untuk beraktivitas / menyelesaikan pekerjaan Anda.

GIFT 2: THE POWER OF LIVING WATER & LIVE FOODS
Air adalah komponen terbesar dalam tubuh kita, otak kita 76% nya adalah air, paru paru kita 90% nya adalah air, dan darah kita 98% adalah air. Air adalah hal yang vital untuk tubuh.

Ada satu penelitian dari Dr. Batmanghelidj dalam buku nya Your Body’s Many Cries dor Water yang menyatakan bahwa banyak orang sakit itu deisebabkan karena kurangnya air.

You are not SICK, you just THIRSTY!

Jika Anda haus, dan mulut Anda kering, itu tanda bahwa cell Anda juga sedang haus. Jadi langsung minum air. Satu tanda lagi, urin Anda ketika buang air kecil, sebaiknya tidak berwarna.

Jika berwarna seperti di bawah ini, Anda harus minum air lebih banyak.

Selain itu, untuk makanan juga disarankan makanan yang mengandung air di dalam nya seperti sayur dan buah. Dengan seperti itu, itu akan membantu tubuh untuk “membersihkan” dirinya sendiri.

GIFT 3: THE POWER OF ESSENTIAL OILS

Tidak semua lemak itu jahat, lemak pun ada yang baik. Contohnya dari alpukat, itu adalah lemak yang baik. Lemak jahat itu misalnya lemak dari gorengan.

Lemak itu penting untuk organ tubuh Anda bisa berjalan dengan baik. Salah satu sumber lemak baik adalah dari Udo’s Oil. Itu adalah produk yang ditemukan oleh Dr. Udo yang mengandung lemak lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Anyway, saya punya kenalan distributor utama Udo’s Oil di Indonesia, jika Anda mau mendapatkannya langsung dari distributor utama nya, Anda bisa kontak saya melalui email di bordes@psikologindonesia.com ya.

GIFT 4: THE POWER OF ALKALINITY – GO GREEN!

Jika SMA dulu Anda mengambil jurusan IPA, mungkin Anda pernah ingat belajar tentang asam dan basa. Keseimbangan asam dan basa ini sangat penting untuk kesehatan kita.

Permasalahan pada kesehatan kita, biasanya terjadi karena PH dalam tubuh kita cenderung asam. Sehingga kita merasa lemas, bahkan sering sakit.

Jika kita iingin jauh lebih sehat, kita harus menjadi lebih basa. PH dalam tubuh kita sebaiknya sekitar 7,365.

PH kita asam atau basa, cenderung dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi.

Jika kita cenderung makan makanan seperti goreng gorengan, burger, snack, minum kopi, soda, dll. itu akan membuat tubuh kita menjadi asam (Acid).

Sedangkan jika kita lebih banyak mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah, tubuh kita akan cenderung menjadi basa (Alkaline).

Pertanyaannya, saat ini Anda lebih sering mengkonsumsi makanan yang mana? Apa yang akan Anda ubah agar Anda bisa jadi jauh lebih baik lagi?

(Rekomendasi: Tingkatkan Produktivitas Kerja Anda, dengan mengikuti kursus produktivitas gratis via email!)

GIFT 5: THE POWER OF AEROBIC ENERGY

Fitness, tidak sama dengan sehat.

Fitness adalah kemampuan tubuh melakukan aktivitas atletik.

Kesehatan adalah kemampuan seluruh sistem dalam tubuh bekerja dengan optimal.

Banyak orang melakukan kesalahan, hanya berfokus pada tubuh yang indah, tapi tidak memperdulikan kesehatan.

Seperti yang saya lakukan sebelumnya, selama 6 bulan ini saya hanya berfokus pada olahraga angkat beban. Olahraga ini termasuk anaerobik, di mana “tidak membutuhkan” oksigen.

Jika kita ingin lebih sehat, Tony Robbins menyarankan kita juga berolahraga aerobik di mana kita berolahraga dengan menggunakan oksigen, misalnya berlari, menari, main bola dll.

Ketika kita olahraga aerobik, itu memberi tubuh kita oksigen lebih banyak serta memperkuat jantung, paru paru, pembuluh darah, daya tahan, dan lain lainnya. (masih ingat kan, oksigen adalah sumber energy kita).

Sedikit perbandingan, mengutip Tony Robbins:
Ketika kita olahraga anaerobik, yang dibakar adalah glikogen dan karbohidrat sebagai bahan bakar utama, yang menyebabkan tubuh akan menyimpan lemak.

Ketika kita olahraga aerobik, ini akan merangsang metabolisme tubuh untuk membakar lemak sebagai bahan utama.

Ada satu kutipan menarik dari Tony Robbins:
Anaerobic exercise builds muscle.
Aerobic exercise builds health.

Semenjak belajar hal ini, saya menambahkan aerobik sebagai olahraga wajib saya. Jadi dalam satu minggu, saya akan angkat beban (anaerobik) untuk membentuk otot, serta melakukan kardio (aerobik) untuk membangun kesehatan saya.

Menurut saya kedua hal ini sama sama penting. Jika hanya aerobik saja, otot tubuh tidak akan terbentuk dengan optimal. Otot juga salah satu yang membakar lemak. Jadi saya menjalani dua olahraga tersebut.

Biasanya saya ke gym untuk angkat beban, setelah itu lanjut main basket sebagai kardio yang saya suka.

Jika tidak sempat melakukan kedua olahraga itu dalam satu hari secara bersama, saya akan melakukan latihan angkat beban di suatu hari, lalu aerobik di hari lainnya.

Jadi tetap fleksibel dan disesuaikan dengan jadwal Anda. Yang paling penting tetap olahraga!

GIFT 6: THE POWER OF MAXIMUM NOURISHMENT

Makanan merupakan hal yang penting untuk tubuh kita. Namun kesalahan banyak orang adalah menggunakan makanan untuk membuat dirinya “feel good“, sehingga tubuhnya menjadi sakit karena makan makanan yang kurang sehat.

Tujuan utama makanan adalah untuk memberi tubuh nutrisi untuk membangun tubuh, memberi organ organ tubuh nutrisi yang diperlukan, untuk membersihkan tubuh dari racun, melawan penyakit, itulah yang utama.

Ada beberapa aturan penting untuk dilakukan ketika makan:
1. Minum air sebelum dan sesudah makan, bukan sebelum.
Idealnya Anda minum air 30 menit sebelum makan, dan 30 menit sesudah makan. Hal itu akan membantu pencernaan melakukan pekerjaannya.

2. Makan dalam kondisi santai tanpa gangguan.
Penting untuk makan tidak sambil menonton TV maupun internet, sehingga kita bisa benar benar menikmati makanan dan peka sudah seberapa banyak kita makan.

Mungkin kita sering tidak sadar kalau kita makan depan TV, kita makan lebih banyak, dan juga kita tidak mengunyah makanan dengan optimal.

3. Makan makanan organik.
Jika bisa, sebaiknya Anda makan makanan organik. Yaitu makanan yang belum tercemar pestisida atau zat zat lainnya. Misalnya sayur atau buah yang tidak terkena pestisida, maupun daging dari hewan yang tidak disuntik hormon. Karena ketika Anda makan hewan yang disuntik hormon, suntikan hormon tersebut berarti akan masuk ke tubuh Anda juga.

GIFT 7: THE POWER OF STRUCTURAL ALIGNEMENT & MAXIMUM STRENGTH

Tubuh kita didesain untuk bergerak, dan agar bisa bergerak dengan optimal kita memerlukan tubuh yang align (good posture). Namun karena kebiasaan, serta faktor lainnya, seringkali kita menemukan orang yang postur tubuhnya menjadi kurang baik.

Untuk kita semua agar tubuh kita bisa align, dan postur kita bisa menjadi lebih baik. Kita bisa mengikuti latihan Pete Egoscue. Ini adalah latihan yang dipraktikkan di seminar Tony Robbins:

Anda bisa mengikuti latihan ini setiap hari. Saya sudah merasakan perbedaan ketika saya rutin melakukan latihan ini setiap hari. Sebelum saya latihan beban, saya biasa juga melakukan warming up dengan latihan ini. Postur tubuh jadi jauh lebih baik.

GIFT 8: THE POWER OF A DIRECTED MIND & HEART

Perasaan dan kondisi emosi juga berpengaruh besar pada kesehatan kita. Kalau kita cenderung memendam emosi atau misalnya dendam dengan orang lain, itu bisa memunculkan penyakit dalam diri kita.

Agar kita bisa selalu sehat, full energy, emosi kita pun harus terus positif. Karena emosi positif itu bisa menyembuhkan diri kita.

Salah satu caranya adalah dengan mengingat dan membayangkan segala pengalaman positif yang pernah kita alami.

Kita bisa tanyakan pada diri kita sendiri:
Apa yang membuat saya bahagia?
Apa yang saya syukuri dalam hidup?
Siapa yang saya cintai?
Siapa yang mencintai saya?
Apa yang saya banggakan dalam hidup?
Pengalaman menyenangkan apa yang pernah saya alami?
dan pertanyaan yang membuat kita mengingat ingat hal hal positif.

Ingat, focus = feeling. Ketika kita memfokuskan diri pada hal hal positif, emosi kita pun akan menjadi positif pula.

Teknik ini dinamakan emotional flooding, seperti yang dulu Tony Robbins pernah dibawakan di acara Oprah Winfrey:

TANTANGAN 10 HARI!
Di akhir artikel ini, saya ingin memberikan tantangan 10 hari kepada Anda untuk mulai memberikan 8 Gift ini kepada diri Anda. Lalu Anda rasakan bagaimana perbedaannya.

Tidak perlu langsung berubah drastis, bisa mulai dilakukan pelan pelan, misalnya seperti: lebih banyak makan buah dan sayur, mulai memasukkan olahraga di jadwal Anda, serta lebih banyak bersyukur, dan lain lainnya.

Semoga review seminar Unleash The Power Within selama 4 hari ini bisa bermanfaat untuk Anda!

Salam Produktif!

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: