6

Review Unleash The Power Within (Hari 3)

Di hari ketiga ini saya sangat excited sekali, karena Tony Robbins kembali full ngajar. Jadi Tony Robbins di seminar UPW hanya mengisi di hari pertama dan ketiga saja. Hari kedua dan keempat diisi oleh trainernya, dan diputarkan video Tony Robbins.

Langsung aja, ini dia yang saya pelajari:

Untuk mendapatkan extraordinary life dan mencapai target yang Anda miliki, Anda harus berfokus pada 3 Pillar of Progress ini.

1. Get Laser-Focused, Make it Clear dan Compelling.
Langkah pertama, kita harus memiliki kejelasan dahulu. Jika kita tidak tau apa yang kita inginkan, kita tidak akan mendapatkannya.

Misalnya seperti orang ingin lebih sukses atau kaya. Nah itu harus dispesifik kan, sukses seperti apa? Kaya seperti apa?

Kriteria kaya nya punya uang 100 juta kah? 1 Miliar? atau 1 Triliun?

Kalau ga spesifik, kita akan sulit untuk mencapai nya. Semakin spesifik, akan semakin mudah untuk dicapai. Karena kita bisa mencari cara yang tepat untuk mencapai target tersebut.

Selain kejelasan “apa” nya, Anda juga harus memiliki kejelasan “kenapa” nya.

Alasan yang sangat kuat ini lah yang mendorong kita untuk mencapai tujuan kita. Jika alasan kita untuk mencapai suatu tujuan tidak kuat, seringkali kita justru menyerah tengah jalan.

Dibutuhkan alasan yang sangat kuat yang membuat kita menjadi komitmen untuk mencapai target, apa pun tantangannya.

Jadi sekarang yang pertama:
Apa Tujuan Anda?
Kenapa Anda harus mencapai tujuan itu?

Ambil kertas dan pulpen, tulis sekarang juga!

2. Get the Best Strategies / Mentor / Tools / Coaching for Results!

Setelah Anda memiliki target, selanjutnya Anda harus memiliki strategi yang efektif dan efisien untuk mencapainya. Bagaimana caranya mencapai target kita lebih cepat.

Untuk mencapai tersebut, jika kita melakukan trial and error kita akan lama untuk mencapai sukses atau target kita.

Jadi, tanyakan ini: “Siapa yang sudah sukses mencapai target seperti yang saya inginkan?”

Kalau mau cepet mencapai target, cari orang yang sudah terbukti berhasil, belajar dari dia, paling bagus adalah dia menjadi mentor Anda.

Anda akan lebih cepat untuk mencapai sukses karena Anda akan ditunjukkan jalan mana yang harus dilalui serta, jalan mana yang harus dihindari.

3. Get Into Action! Unlock & Unleash Alignment & Integration Power!

Setelah Anda punya tujuan, alasan yang kuat, strategi yang tepat, terakhir Anda harus melakukan take action atau bertindak untuk mencapai tujuan Anda.

Tidak hanya action biasa, tapi harus MASSIVE ACTION. Action yang besar besaran dan gila gila an. Anda sangat total untuk mencapai tujuan Anda.

Ketika Anda total seperti itu, itu akan mempercepat kesuksesan Anda.

Namun seringkali banyak orang tidak melakukan take action, karena adanya inner conflict atau konflik dalam diri.

Misalnya dia sudah tau apa yang harus dilakukan, namun dalam pikirannya selalu memutarkan cerita: “kalau saya gagal gimana” atau dia sendiri tidak yakin bisa mencapai target tersebut, “Saya ga akan bisa mencapai target tersebut.”

Sejelas apa pun target nya, maupun sebagus apa pun strategi nya jika kita memiliki keyakinan seperti itu, kita tidak akan mengambil tindakan untuk mencapai target kita.

Maka dari itu, dalam diri kita pun juga harus kongruen atau mendukung diri untuk mencapai target.

Untuk mengatasi keyakinan yang menghambat, Tony Robbins menggunakan metode dicken process.

Kita diminta untuk menuliskan keyakinan yang selama ini menghambat, lalu Tony membimbing kita untuk membayangkan konsekuensi negatif jika kita memiliki keyakinan tersebut. Apa konsekuensi nya pada saat ini, bulan depan, setahun lagi, 5 tahun lagi, 10 tahun lagi, 20 tahun lagi.

Tony Robbins membuat kita benar benar merasakan secara emosional, segala macam konsekuensi dan perasaan yang sangat tidak enak jika masih memiliki keyakinan yang menghambat tadi.

Tony Robbins mengatakan bahwa kita akan berubah, ketika kita sudah mengkaitkan rasa sakit yang tidak tertahankan dalam suatu hal. Maka dari itu Tony mengkaitkan rasa sakit yang luar biasa pada keyakinan yang menghambat. Hingga akhirnya dari dalam diri kita muncul keputusan, “SAYA TIDAK MAU SEPERTI INI LAGI, SAYA HARUS BERUBAH”

Saya sarankan Anda bisa ikut UPW untuk merasakan pengalaman ini langsung, dan bisa belajar dengan detil bagaimana melakukan dicken process langsung dari Tony Robbins.

Setelah melakukan ini, keyakinan menghambat tersebut akan hilang dan Anda siap untuk melakukan tindakan untuk mencapai tujuan Anda.

Satu lagi yang mau saya sharingkan, hari ini kami juga belajar tentang Mastery, bagaimana menjadi master atau menguasai berbagai bidang yang Anda inginkan.

Ada 3 langkah untuk menjadi master di bidang apa pun yang Anda ingin:

1. Belajar dari seseorang yang sudah mencapai apa yang Anda inginkan.
2. Larut sepenuhnya.
Sama seperti kalau kita mau jago bahasa Inggris, kalau mau cepet, coba deh tinggal seminggu aja di tempat yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari hari. Yang deket aja deh, Singapur misalnya.

Coba Anda seminggu di Singapura, mendadak skill bahasa Inggris Anda meningkat drastis tanpa les. Kenapa? Karena Anda larut sepenuhnya.

Dalam bidang apa pun, Anda wajib larut. Misalnya ingin jago public speaking, semakin sering Anda public speaking (setiap minggu atau hari misalnya), semakin jago Anda dibandingkan orang yang hanya public speaking sebulan sekali.

3. Pengulangan dengan Ada Jeda.
Ketika larut sepenuhnya, Anda perlu tetap memberikan jeda untuk belajar lagi, untuk melakukan evaluasi. Apakah yang Anda lakukan sudah benar atau belum.

Setelah itu? Praktek lagi.
Lalu berikan jeda lagi, evaluasi dan belajar lagi.
Lalu praktek lagi.

Ulangi terus proses ini, Anda akan menjadi master dalam bidang Anda.

Untuk bisa menjadi master, Anda tidak boleh memiliki mental dabbler, tapi harus master.

Mental dabbler ini adalah orang orang yang kalau stuck atau mandek, dia justru menyerah.

Mental master, kalau dia stuck, dia akan mencari cara lain, bertanya pada yang sudah berhasil, intinya tipe ini adalah berdaya untuk meraih sukses.

Jadi kita harus memiliki ketangguhan dan resiliensi untuk menjadi master dan mencapai target kita.

Wah, sudah banyak banget ya yang kita pelajari dari Review UPW hari 1, hari 2, sampai hari ketiga ini.

Saya penasaran, dari review hari pertama sampai ketiga ini, pelajaran mana yang paling “nancep” bagi Anda. Silahkan share di kolom komen di bawah ini ya. Dengan sharing, bikin saya tambah semangat untuk sharing. 🙂

Tunggu Review hari keempat ya!

Semoga bermanfaat dan menginspirasi!

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 6 comments
mariaputri - February 13, 2018

Yang menarik bagi saya yaitu massive action. Memang benar jika kita tidak membayangkan keberhasilan kita mencapai target dengan penuh keyakinan maka itu juga akan mempengaruhi aksi kita.

Reply
    Andreas Bordes - February 13, 2018

    Dahsyat! Keep taking massive action ya!

    Reply
EdhiM - February 13, 2018

Target bisa ditentukan/ditemukan, namun kadang menemukan alasan kenapanya ini agak sulit.
Memunculkan emosionalnya remang2…

Reply
    Andreas Bordes - February 13, 2018

    yes Pak, kalau di seminar kita akan dibimbing oleh trainer, serta ada musik yang mendukung sehingga kita lebih bisa dengan cepat merasakan suatu emosi yang diinginkan.

    Mungkin Bapak bisa mencoba di rumah, menulis berbagai alasannya, lalu bisa membayangkan dengan senyata nyatanya (karena pikiran kita tidak bisa membedakan mana yang imajinasi dan nyata) plus ditambah dengan musik yang sesuai dengan emosi yang ingin Bapak rasakan.

    Semoga bermanfaat!

    Reply
      RIFO - February 16, 2018

      hari ke tiga sangat sippp dan josss sekali bro bordes..Bikin goal spesifik Alasan yang jelas dan bereskan konflik di pikiran ..mbahnya dahsyat lah pokoknya…..terimakasih banyak reviewnya…Gak pelit salah satu kunci orang sukses…The more u give the more you get…sehat dan sukses selalu ..Semoga next qta bisa nnt seminar antony robbin bareng bro

      Reply
        Andreas Bordes - February 16, 2018

        Terima kasih Bro Rifo! Tunggu review hari keempat ya!

        Reply

Leave a Reply: