4

Review Unleash The Power Within (Hari 2)

Di hari kedua ini, saya ikut seminar dengan baru tidur sekitar 5 jam saja. Saya tidur jam 3 subuh, dan jam 8 siap siap lanjut berangkat naik MRT ke tempat seminar.

Saya baru tidur jam segitu karena sekitar jam 2.30 baru sampai di hotel. Hal itu karena seminar baru selesai sekitar jam 12 malam(setelah sesi firewalk), dan saat itu MRT sudah habis. Dan saya beserta rombongan harus nunggu bis, hingga akhirnya naik Grab untuk balik ke hotel.

Meskipun baru tidur 5 jam, saya sangat antusias mengikuti seminar hari kedua ini. Banyak banget yang saya pelajari di hari kedua ini.

Pertama, saya belajar tentang bagaimana membuat perubahan dalam jangka panjang. Banyak orang ketika membuat perubahan, hanya dalam jangka pendek saja. Misalnya ketika diet, ia hanya bertahan hanya dalam seminggu saja, setelah itu kembali pada pola lama.

Ketika kita mau membuat sebuah perubahan, ktia harus memiliki 3 keyakinan utama. Tanpa ada 3 keyakinan ini, kita akan sulit untuk membuat perubahan dalam jangka panjang. 3 keyakinan tersebut adalah:

1. Ini HARUS berubah SEKARANG!
2. SAYA HARUS berubah SEKARANG
3. SAYA BISA mengubah hal ini sekarang.

Perhatikan kata kata yang saya tulis dengan huruf besar, itu adalah kata utama nya yang paling penting. Tanpa sebuah tekad yang kuat untuk berubah sekarang, dan keyakinan bahwa Anda mampu berubah, Anda akan sulit untuk berubah. Ketika Anda memiliki 3 keyakinan itu, Anda akan lebih mudah untuk berubah.

Tentunya hal itu didukung dengan 3 langkah membuat perubahan jangka panjang.

1. Memiliki Alasan Kuat untuk Berubah Sekarang Juga!
Miliki alasan yang sangat kuat untuk berubah sekarang. Ini akan menjadi dorongan utama Anda untuk menembus semua tantangan yang ada.

Tanpa alasan yang sangat kuat, sangat sulit untuk menghentikan kebuasaan buruk seperti merokok. Maupun kebiasaan baru seperti diet.

Coba ingat ingat lagi perubahan yang pernah Anda alami dalam hidup. Pasti perubahan itu dikarenakan kita mengkaitkan jika kita tidak berubah, itu merupakan hal yang menyakitkan saat ini. Dan kita mengkaitkan jika kita berubah, itu merupakan hal yang menyenangkan!

Jadi, kaitkan jika Anda tidak berubah saat ini, Anda merasa sakit dan tidak nyaman saat ini. Itu akan membuat dorongan dalam diri Anda untuk berubah. Serta Anda kaitkan jika Anda berubah, itu adalah kesenangan dan banyak manfaat yang Anda terima.

Coba, tuliskan alasan, alasan kenapa Anda harus berubah sekarang lalu Anda pejamkan mata dan rasakan segala macam rasa sakit jika Anda tidak berubah.

Lalu tuliskan hal positif, kesenangan, dan kenikmatan apa jika Anda berubah. Lalu pejamkan mata dan rasakan perasaan tersebut.

Anda wajib tidak hanya menulis saja, tapi jika mau benar benar berubah, Anda harus merasaskannya. Dengan menyentuh sisi emosional (tidak hanya sekedar tahu), itu merupakan pondasi awal perubahan.

2. Interupsi Pola Lama

Langkah kedua adalah kita menginterupsi atau merusak pola lama. Ini adalah teknik NLP yaitu Break Pattern, di mana ketika kita sedang berada dalam pola lama, misal: menunda.

Kita langsung melakukan sesuatu yang aneh, sehingga merusak pola menunda tadi. Kebanyakan orang masuk ke dalam suatu pola terus menerus dan terjebak di sana.

Contoh sederhana, ketika Anda menunda, posisi Anda sedang tidur atau duduk bersender. Anda bisa rusak pola dengan tiba tiba berdiri dan melompat lompat sambil mengatakan YES!!!

Anda akan sedikit merasa aneh, dan rasa menunda tadi jadi rusak. Sama seperti ketika Anda ngobrol dengan orang lain, lalu Anda terinterupsi sesuatu (misal: telpon), lalu Anda lupa tadi ngomong apa.

Begitulah cara kerja rusak pola. Kita merusak pola lama yang tidak bermanfaat untuk kita, setelah itu Anda bisa masuk ke langkah 3, yaitu:

3.Membuat Alternatif dan memperkuat pola baru yang mendukung Anda untuk sukses.

Misalnya ketika Anda menunda, Anda sudah rusak pola, Anda langsung mengatakan: “Saya adalah orang yang rajin, dan saya akan menyelesaikan apa yang harus diselesaikan. Lets Go!”

Lalu Anda melanjutkan dan menyelesaikan pekerjaan Anda. Setelah selesai melakukan hal tersebut Anda bisa menepuk pundak Anda dan mengatakan “Kamu Luar biasa hebat!”

Dengan memberikan pujian seperti itu, kita akan terdorong untuk melakukan hal tersebut lagi. Itu memperkuat pola baru dalam diri kita.

Di hari kedua ini, saya juga diajarkan bahwa, yang mengubah hidup kita adalah keputusan yang kita buat.

Coba Anda ingat ingat lagi, keputusan keputusan yang telah mengubah hidup Anda. Atau mungkin keputusan besar yang jika saat itu Anda tidak ambil, Anda tidak bisa menjadi seperti sekarang ini.

Salah satu keputusan besar saya adalah ketika SMA, saya memutuskan untuk mengikuti passion saya di bidang psikologi. Ketika kuliah saya masuk ke psikologi, ketika mayoritas teman teman saya merasa aneh ketika cowok masuk psikologi. Saya memutuskan tidak mengikuti apa kata sekitar saya, tapi memutuskan apa yang saya cintai.

Jika saya tidak membuat keputusan tersebut, mungkin saya tidak bisa menjadi seperti sekarang ini. Menghasilkan uang dengan melakukan apa yang saya cintai.

Setelah mengingat keputusan lama yang kita buat, kita diminta untuk membuat dua keputusan saat ini, yang bisa membuat hidup kita menjadi jauh lebih dahsyat.

Pada sesi itu, saya membuat dua keputusan:
1. Saya memutuskan untuk berada dalam peak state (atau kondisi dalam penuh semangat) setiap harinya (dari pagi hingga malam hari sebelum tidur).

Peak state di sini adalah kondisi emosi puncak, di mana saya berdaya dan optimis untuk mengatasi tantangan atau pekerjaan yang ada.

Untuk itu saya mulai mengkondisikan diri menjadi pribadi yang penuh semangat setiap hari nya, dengan mengubah fokus dan gerakan tubuh. Saya beberapa kali dalam sekali mengubah gerak dengan melompat lompat, mengatakan hal hal yang membuat saya semangat, hingga mendengarkan lagu lagu semangat yang up beat seperti rock ataupun EDM. Jadi udah ga denger lagu menyek menyek lagi.

Kalau kita denger lagu loyo, itu akan mempengaruhi kondisi emosi kita menjadi pesimis dan tidak berdaya! Kalau kita dalam kondisi seperti itu, kita tidak bisa mencapai prestasi tertinggi.

Sama seperti seorang atlit yang mendengar lagu rock, rap, ataupun EDM untuk mempersiapkan dirinya di pertandingan.

Itulah yang saya lakukan setiap hari. Bekerja sambil mendengarkan lagu lagu semangat, full power, untuk melatih diri saya berada dalam peak state setiap hari.

Saya percaya bahwa peak state ini adalah pondasi utama dalam diri kita untuk menembus keterbatasan, ketakutan, dan mencapai hal hal dahsyat dalam hidup. Semua berawal dari kondisi emosi kita.

Bayangkan seberapa dahsyat hidup Anda, jika Anda selalu berada dalam kondisi penuh semangat setiap harinya.

2. Keputusan kedua saya adalah, saya memutuskan untuk berfokus pada usaha saya, memberikan manfaat kepada banyak orang melalui bisnis saya.

Saya tumbuh dalam keluarga yang mayoritas adalah seorang karyawan. Harapan mereka, terutama Ibu saya adalah saya menjadi seorang karyawan juga. (walaupun tidak memaksa).

Namun saya memutuskan untuk tidak menjadi karyawan dalam suatu perusahaan. Saya memutuskan untuk bekerja di usaha sendiri, karena saya percaya bahwa saya bisa lebih bermanfaat untuk orang banyak ketika saya memiliki usaha sendiri.

Ketika saya bekerja ikut orang lain, manfaat saya hanya diterima oleh pimpinan saya. Jadi saat ini saya memutuskan untuk fokus di psikologindonesia.com , serta berfokus melayani klien klien saya menangani Human Resource nya, agar semakin produktif dan meningkatkan income perusahaan. Sesuai dengan expertise saya dalam bidang human resource. Saat ini, beberapa klien saya yang saya bantu meningkatkan performa karyawannya: usaha klinik fisioterapi dan distributor elektronik.

Selain itu, satu bisnis saya lagi adalah jasa ghostwriter, di mana saya membantu menuliskan buku klien saya. (Untuk bisnis ini, saya hanya membuka 2 klien dalam 1 tahun, karena saya lebih fokus pada bisnis utama saya di psikologindonesia.com yang berfokus meningkatkan produktivitas kerja individu dan perusahaan)

Jadi itu keputusan kedua saya, tahun ini, saya memutuskan untuk full fokus mengembangkan bisnis tersebut, terutama psikologindonesia.com .

Nah itu dia tadi beberapa hal yang saya pelajari di hari kedua. Sudah siap untuk belajar dari review hari ketiga? Anda bisa subscribe dengan klik di sini untuk mendapatkan notifikasi ketika review nya sudah muncul.

(NB: ketika Anda subscribe, Anda akan mendapatkan free kursus produktivitas dari saya).

Semoga bermanfaat! Salam Produktif!

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.