Psikologi Sukses: Menunda Kesenangan

Ada sebuah fakta menarik yang menunjukkan bahwa, secara psikologi orang yang mampu menunda kesenangannya, ia cenderung lebih sukses dibandingkan dengan orang yang tidak mampu menunda kesenangan!

Hal tersebut ditunjukkan dari sebuah eksperimen psikologi yang dilakukan oleh para psikolog di Stanford. Mereka melakukan satu tes yang dinamakan marshmellow test. Tes tersebut dilakukan seperti ini:
marshmellow test

Seorang anak yang berada di ruangan, ia diberi instruksi seperti ini oleh psikolog nya, “Nak, kamu lihat kan di depan mu ada marshmellow? Nah, nanti Ibu akan keluar sebentar, kalau misalnya sampai Ibu kembali nanti marshmellow nya masih belum kamu makan, Ibu akan memberikan tambahan satu marshmellow lagi. Oke.” Sang Ibu pun beranjak keluar ruangan.

Bermacam macam reaksi dari anak yang berada di dalam ruangan. Tentunya ada yang berhasil, ada yang melihat idari berbagai sisi, ada yang ga tahan lalu dijilat, ada yang dicuil dikit, ada juga yang cuek langsung dimakan habis.

Video lengkapnya bisa lihat di sini:

Beberapa tahun setelah tes tersebut dilakukan, akhirnya para psikolog menemukan bahwa ternyata anak anak yang mampu menunda kesenangannya (tahan tidak makan marshmellow), ia menjadi jauh lebih sukses dalam hidupnya.

Dalam hidup pun sama seperti itu, kita harus mampu menunda kesenangan. Misalnya ketika Anda ingin menjadi juara basket, Anda harus mampu menunda kesenangan bersantai santai di rumah, dan lebih memilih berlatih basket.

Di karir, Anda harus mampu menunda kesenangan jalan jalan di mall, dan menggunakan waktu luang untuk mengerjakan proyek yang sedang digarap, untuk mendapatkan hasil maksimal. Hingga akhirnya gaji dan level Anda selalu meningkat.

Di dalam keuangan, Anda mampu menunda kesenangan untuk membeli barang barang konsumtif, Anda memutuskan untuk hidup sederhana dan memilih menggunakan uang tersebut untuk investasi. Apalagi jaman sekarang semua serba mudah, ada kartu kredit, tinggal gesek. Baru deh akhirnya bingung bayar cicilannya. Hehehe.

Nah itu dia, ketika kita mampu menunda kesenangan, kita bisa menjadi lebih berdaya untuk mengontrol hidup kita, ke kesuksesan yang kita inginkan. Pertanyaannya, sudahkah kita membiasakan diri untuk menunda kesenangan jangka pendek, untuk mendapatkan kesuksesan / kesenangan jangka panjang?

Semoga bermanfaat!

Ikuti kursus GRATIS tentang bagaimana meningkatkan produktivitas Anda, via email selama 5 hari, klik di sini.
 

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: