Review Buku Procrastination on Purpose

Kali ini saya akan mereview sebuah buku yang saya beli pada pameran buku Big Bad Wolf (Bazaar buku terbesar di dunia) yang pada bulan lalu hadir di Surabaya. Di buku ini saya selalu menemukan buku buku yang mind-blowing, dan harganya diskon hingga 80%. Next time kalau Anda event tersebut, Anda wajib datang ya!

Salah satu buku yang saya beli, berjudul Procrastination on Purpose karya Rory. Buku ini sangat mindblowing.

Salah satu yang saya pelajari adalah ketika Rory mengatakan bahwa, “Dalam hidup ini agar lebih produktif, kita tidak hanya mengerjakan hal-hal yang important dan urgent, tetapi ada satu aspek lagi: yaitu signifikan.”

Apakah kegiatan yang dilakukan, berdampak pada jangka panjang atau tidak? Jadi setiap kali mengerjakan sesuatu selalu ditanyakan, apakakah setelah mengerjakan hal ini, akan membuat saya memiliki lebih banyak waktu di masa depan? Jika ya, kerjakan.

Jika Anda ingin mendengarkan versi podcast, Anda bisa klik di sini:

Secara singkat Rory menjelaskan ada 5 langkah untuk menjadi produktif:

1. Eliminate
Untuk produktif, ternyata tidak hanya tentang mengerjakan banyak hal, tetapi juga harus berfokus pada apa yang harus kita eliminasi, apa yang harus kita hilangkan, sehingga kita bisa fokus pada apa yang benar-benar penting. Jadi Anda perhatikan kegiatan-kegiatan Anda yang bisa Anda hilangkan dan lebih fokus pada yang benar-benar penting.

2. Automate
Kita mulai mengotomasi atau membuat otomatis kegiatan Anda yang rutin dan sering Anda kerjakan sehingga Anda bisa menjadi lebih semakin produktif. Misalnya Anda bisa menggunakan autoresponder untuk mengedukasi pasar Anda. Jadi Anda tidak perlu email setiap hari, teknologi sudah mengerjakan semua itu.

3. Delegate
Selanjutnya, Anda bisa mendelegasikan hal hal yang tidak Anda kuasai pada bidang-bidang tertentu pada orang lain. Atau hal-hal yang tidak harus Anda kerjakan, Anda dapat menyerah tugaskan pekerjaan tersebut pada orang lain sehingga Anda bisa fokus pada apa yang paling penting. Anda tidak bisa menjadi superman sendirian, produktif juga memerlukan relasi dengan orang lain.

4. Procrastinate
Langkah 4 adalah tunda! Rory menjelaskan untuk menunda. Biasanya kita diminta untuk mengerjakan sesuatu yang penting dengan cepat, tetapi dia memberi tips menunda. Meunurut Rory dalam buku tersebut, kalau kita mengerjakan sesuatu terlalu cepat itu akan beresiko ketika waktunya tiba terjadi perubahan-perubahan, sehingga apa yang kita kerjakan cenderung sia-sia. Namun juga jangan terlalu terlambat, jadi timingnya harus tepat!

5. Konsentrasi
Yang kelima, Anda full fokus konsentrasi pada apa yang kerjakan sekarang, hal-hal yang benar-benar signifikan bagi Anda, kegiatan yang Anda kerjakan sekarang yang berdampak besar bagi masa depan Anda. Salah satu tipnya dengan melakukan single tasking, fokus mengerjakan suatu hal hingga selesai baru pindah ke hal yang lain. Jadi tidak melakukan multi tasking agar apa yang Anda kerjakan tidak berubah-ubah sehingga menunda pekerjaan tersebut.

Semoga bermanfaat dan salam produktif!

jika Anda ingin mendapatkan kursus produktivitas gratis selama 5 hari via email, Anda bisa klik di sini.

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: