Bagaimana Menentukan Prioritas dalam Hidup

Tanpa ada prioritas dalam hidup, kita akan kesulitan mencapai hal hal hebat dalam hidup. Hal tersebut dikarenakan, dengan memiliki prioritas, itu akan membantu kita untuk membuat keputusan mana saja hal hal yang harus diutamakan. Ketika kita mengutamakan hal hal yang paling penting, itu akan membuat Anda menjadi begitu fokus untuk mencapainya.

Tahukah Anda bahwa dalam hidup ini semuanya terbentuk dari energy, dan kita bisa mencapai hal hal hebat dalam hidup ketika kita memfokuskan energy kita pada hal yang ingin kita capai. Coba saja Anda ingat ingat pengalaman ketika Anda sangat menginginkan sesuatu, lalu Anda menaruh fokus, energy dan tenaga Anda, bahkan Anda kepikiran hal tersebut setiap hari. Hingga akhirnya Anda mencapai target Anda.

Cara untuk menentukan prioritas, bisa dengan melihat dari target terbesar yang ingin Anda capai pada saat (atau tahun itu). Misalnya saya di tahun 2017 kemarin (lebih tepatnya 4 bulan terakhir di bulan 2017) saya memiliki target memiliki tubuh yang ideal dan menyelesaikan kuliah saya.

Maka dari itu dari bulan September hingga Desember 2017 saya memiliki prioritas kesehatan dan kuliah. Dan itu membuat saya setiap hari mengutamakan dua aspek tersebut pasti terpenuhi dulu, sebelum fokus pada aspek lainnya.

Hingga akhirnya saya mencapai target saya, berat badan menjadi 65 kg, serta tesis saya selesai tinggal ujian pada bulan Januari nanti.

Sengaja saya tidak memasukkan aspek karir pada prioritas saya di tahun kemarin, karena fokus pada kesehatan (dengan rutin gym & menjaga pola makan), serta fokus menyelesaikan tesis saya itu membutuhkan fokus yang cukup besar.

Jika saya menambah fokus pada karir, bisa berpotensi tujuan yang saya buat tidak tercapai secara maksimal. (karena tidak bisa memberikan fokus)

Di tahun 2018 ini, saya akan mengatur ulang urutan prioritas hidup saya lagi, menjadi:
1. Keuangan
2. Karir
3. Kesehatan

Karena di awal tahun 2018 ini kuliah saya sudah selesai, saya memutuskan untuk fokus mencapai financial freedom. Maka dari itu saya memfokuskan keuangan di prioritas utama, yang didukung / disupport oleh prioritas karir.

Setelah itu yang ketiga adalah kesehatan, saya tetap fokus pada fat loss untuk mencapai bentuk tubuh yang diinginkan, namun tidak se “ngoyo” di tahun 2017 lalu di mana saya hampir setiap hari nge gym.

Nah itu dia tadi sekilas tentang prioritas hidup saya di tahun kemarin dan tahun depan. Bagaimana dengan Anda, sudahkah Anda menentukan prioritas dalam hidup? Jika sudah, Anda bisa share kepada saya di kolom komen di bawah ini ya.

Semoga bermanfaat!

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: