Cara Memanfaatkan Kegagalan

Banyak orang tidak berani mengambil tindakan, karena takut gagal. Padahal kegagalan merupakan hal yang wajar.

Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan. Saya, Anda, Kita semua. Bahkan orang-orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Tidak ada orang yang tidak pernah merasakan kegagalan, semua pasti pernah.

Tapi pertanyaannya: apa yang membedakan antara orang sukses dan yang belum sukses? Yaitu bagaimana mereka memaknai namanya kegagalan.

Orang yang belum sukses, ketika dia mendapat hasil yang tidak dia inginkan, dia berhenti. Kalau berhenti, pastinya tidak akan mendapat apa-apa, sudah pasti 100% gagal. Tetapi orang yang sukses berbeda.

Orang sukses mempunyai keyakinan bahwa tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses atau belajar. Jadi ketika dia sukses, dia akan tingkatkan goalnya. Tapi kalau belum sukses itu tandanya dia harus belajar lagi, harus rubah strateginya sampai berhasil.

Satu prinsip yang penting yang saya pelajari dari suatu ilmu yang bernama Neuro Linguistic Programing adalah “There is no faillure, only feedback”, “Tidak ada kegagalan yang ada hanya timbal balik”.

Jadi kalau kita belum berhasil mencapai tujuan kita, itu artinya kita mendapat feedback. Dari feedback tadi kita mulai menganalisa apa yang harus kita tingkatkan, apa yang harus kita kurangi agar kita bisa mencapai tujuan kita.

Jadi kita menggunakan “Kegagalan”, atau feedback tadi untuk menjadikan kita jauh lebih baik, jauh lebih sukses. Gunakan “Kegagalan” tadi untuk membuat kita jauh jadi lebih baik, bukan justru untuk menghancurkan kita.

Coba kita lihat contoh berikut ini para entrepreneur sukses, mereka pun tidak memiliki formula yang membuat dirinya pasti sukses. Mereka pun meraih kegagalan di perjalanannya.

Namun mereka tidak menjadi drop, mereka justru belajar dari kejadian tersebut, bangkit dan menjadi jauh lebih sukses dan kaya dari kejadian tersebut.

Nah jadi pelajaran kali ini adalah gunakan kegagalan untuk membuat kita semakin jauh lebih maju, jauh lebih baik dan jadi jauh lebih dahsyat, jauh lebih sukses bukan justru menghancurkan kita. Ketika kita bisa belajar dari kegagalan, ketika kita bisa memanfaatkan dari “Kegagalan” tadi dan kita jauh menjadi lebih baik, pecayalah kita jadi jauh lebih bersyukur dalam hidup dan kita bersyukur bahwa kita mengalami kegagalan tersebut.

Semoga Bermanfaat!

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: