1

Langkah Langkah melakukan Delegasi

Banyak orang tidak melakukan delegasi, karena trauma. Seperti yang saya alami dulu. Sebenarnya hal tersebut saya alami dulu ketika saya mendapat tugas kelompok, dan setiap anggota mendapat bagian kerjaannya masing masing.

Saya mengerjakan dengan sungguh sungguh, sedangkan salah satu teman saya mengerjakan asal asalan. Itu membuat saya sangat kecewa, dan memutuskan untuk mengerjakan sendiri tugas kelompok yang ada, agar hasilnya sesuai dengan yang saya harapkan.

delegasi

Namun ternyata hal tersebut memiliki dampak yang kurang positif, di mana saya sangat sibuk, stres meningkat dan tidak memiliki waktu untuk mengerjakan hal lainnya.

Parahnya, hal tersebut sempat terbawa sampai saya bekerja. Banyak hal saya kerjakan sendiri, sampai sampai saya sibuk mengerjakan hal teknis, bukan strategis.

Namun, saat ini, saya sudah memiliki tim yang membantu saya mengerjakan pekerjaan yang saya delegasikan. Saya merasa cukup berhasil dalam mendelegasikan tugas. Ini dia langkah langkah detil yang saya lakukan ketika melakukan delegasi:

1. Miliki kejelasan mengenai hasil yang Anda inginkan. Semakin jelas, semakin mudah Anda menentukan orang yang tepat untuk mengerjakannya.

2. Pilih orang yang tepat untuk mengerjakannya. Jika Anda mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang tidak berkompeten, hasilnya tidak akan maksimal. Jadinya seperti seorang striker yang dijadikan kiper, bisa bisa kebobolan banyak. Jadi, Anda harus menentukan orang yang memiiki kompetensi atau kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Dapatkan ebook strategi bagaimana menghancurkan penundaan, dengan download langsung di sini.

3. Jika Anda sudah mendapatkan orang yang tepat, jelaskan kepada orang tersebut, mengenai hasil yang Anda harapkan, serta kapan pekerjaan tersebut harus sudah selesai. (deadline)

4. Lakukan monitoring pada orang tersebut, terkait pekerjaan yang dikerjakannya. Tujuannya agar jika di tengah jalan, orang tersebut mengalami kesulitan, kita bisa membantu mencarikan solusinya.

5.Jika mereka berhasil melakukan pekerjaan degan baik, berikanlah reward (bisa dengan pujian ataupun bonus uang). jika belum berhasil, berikanlah masukan agar selanjutnya bisa menjadi lebih baik, serta evaluasi diri, apakah kita sudah mendelegasikan kepada orang yang tepat atau belum.

Itu dia 5 langkah yang saya lakukan dalam melakukan delegasi

Pertanyaan: Apa yang menghambat Anda dalam melakukan delegasi? Silahkan tulis jawaban Anda di kolom artikel di bawah ini.

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 1 comments
arridho - December 7, 2016

Ini menjadi masalah saya ketika mendelegasikan sesuatu ke orang. Saya termasuk orang yang tidak mudah percaya kepada orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Banyak orang-orang yang saya percayai tidak menjalankan kuasa tersebut dengan benar. Kurangnya inisiatif untuk bergerak dan mencapai apa yang saya harapkan. Saya ingin bertanya bagaimana solusinya atas masalah ini ya? Oh ya, dengan kondisi tim tersebut anggotanya sudah dipilihkan sebelumnya dan harus bekerjasama dengan baik. Terimakasih

Reply

Leave a Reply: