Bagaimana Kebiasaan Monitoring Membantu Anda Mencapai Goal!

Penelitian dari Dr Gail Matthew menunjukkan bahwa sebuah goal kemungkinan tercapai nya akan lebih besar jika dilakukan monitoring dan report pada orang lain mengenai progressnya.

Jadi tidak hanya membuat goal saja, lalu ditinggal.  Seperti yang dilakukan kebanyakan orang di setiap awal tahun mereka membuat resolusi, namun di akhir tahun baru tersadar bahwa ia memiliki resolusi.

Saya dulu juga sering melakukan kesalahan tersebut, hingga akhirnya saya tersadar bahwa selama ini saya berhasil mencapai goal jika saya disiplin melakukan monitoring.

Misalnya dulu ketika saya ingin menulis buku dan meraih rekor MURI, setiap hari saya melakukan monitoring terkait tindakan apa yang sudah saya lakukan, apa yang dilakukan, apa yang menghambat, bagaimana solusi selanjutnya.

Saya sangat disiplin dan memonitor goal tersebut setiap hari, hingga akhirnya saya berhasil menulis buku saya yang pertama di usia 19 tahun dan mendapatkan rekor MURI launching buku di dalam air pertama di Indonesia.

Hal ini juga saya terapkan dengan tim saya. Berdasarkan pengalaman saya, tim yang saya monitor progress nya secara berkala, kemungkinan berhasil menyelesaikan pekerjaannya lebih besar, dibandingkan yang dibiarkan saja.

Monitoring merupakan hal yang penting, karena jika kita monitor, kita bisa melakukan adjustment atau penyesuaian strategi jika kita belum mencapai goal.

Ibarat nya kita sedang di perjalanan darat dari Surabaya ke Jakarta, dengan memonitor, kita bisa tahu bahwa kita salah jalan atau tidak, apakah kita harus putar balik atau mencari jalan baru.

Saran saya, jika Anda belum secara konsisten mencapai goal Anda, lakukan lah monitoring secara berkala pada goal Anda. Anda bisa lakukan setiap minggu, atau bisa lakukan setiap hari seperti saya.

Langkah awal, Anda bisa tentukan dulu 2-3 goal yang mau Anda fokuskan. Kenapa tidak banyak? Karena dari buku 4dx of execution dijelaskan bahwa jika kita memiliki terlalu banyak goal, kita menjadi tidak fokus dan tidak efektif. Sama seperti kita mau menangkap 5 kelinci secara langsung, pasti sulit.

Hingga akhir tahun pun, saya memutuskan untuk fokus pada dua goal terbesar saya, yaitu menyelesaikan studi S2 dan mencapai goal fisik saya. Setiap hari saya mengambil tindakan, monitor progressnya, dan melakukan penyesuaian di perjalanan untuk bisa mempercepat pencapaiannya.

Setiap malam saya melakukan evaluasi, pelajaran apa yang saya dapatkan tindakan apa yang sudah saya lakukan untuk semakin mendekatkan diri saya menuju tujuan, serta tindakan apa yang belum dieksekusi dengan maksimal, dan tindakan apa yang bisa saya ambil selanjutnya untuk mencapai goal saya lebih cepat.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda sudah melakukan monitoring untuk mencapai goal Anda?

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: