4

Lebih Berdaya dengan Cognitive Behavioral Therapy

Teknik CBT atau yang biasa disebut Cognitive Behavioral Therapy mengatakan bahwa pikiran, emosi, dan perilaku kita adalah satu hal yang berhubungan.

Hal yang paling umum adalah: perilaku kita dipengaruhi oleh emosi kita, serta emosi kita dipengaruhi oleh kognitif atau bagaimana kita berpikir dan memberi makna pada suatu kejadian.

Agar lebih jelas, mari kita ambil contoh, misalnya ada seorang sales, ketika ia ingin memberikan penawaran pada calon customer nya, pikiran / kognitifnya berkata: “kalau saya gagal, bagaimana?”

Akhirnya pikiran tadi membawa dirinya merasakan suatu emosi, yaitu emosi takut gagal. Emosi takut tadi pun mempengaruhi tindakannya, di mana ia memutuskan tidak menawarkan produk / jasa nya agar ia tidak merasakan penolakan.

Sebaliknya, jika sales tadi memiliki pemikiran yang berbeda, tentu emosi nya akan berbeda dan tindakannya juga berbeda.

Misalnya ketika ingin menawarkan, ia berpikir: “Kalau sukses, pasti produk saya bisa bermanfaat untuk dia dan keluarganya”

Tentunya emosi nya akan lebih positif dan ia lebih bersemangat menawarkan produk / jasa nya.

Begitu juga jika misalnya sales tersebut mengalami penolakan. Tentunya berbeda, jika seorang sales yang ditolak, berpikir: “Memang saya tidak berbakat berjualan!” dibandingkan dengan sales yang berpikir, “Saya harus belajar lagi, sehingga ke depannya bisa jauh lebih sukses!”

Sales yang pertama menjadi down, sales yang kedua bisa jadi bangkit dan sukses.

Jadi, kata kata yang kita gunakan, akan mempengaruhi emosi kita. Dan emosi tadi akan mempengaruhi tindakan kita.

Maka dari itu penting untuk kita bisa menguasai kata kata yang sering kita gunakan, sehingga bisa mendorong kita untuk menjadi semakin berdaya dan sukses.

Gunakan teknik CBT ini untuk mengatasi perilaku Anda yang menghambat, misalnya seperti menunda nunda, tidak berani, dan sebagai nya. Ubah kata kata yang Anda gunakan, sehingga emosi nya berubah, dan tindakannya pun lebih positif.

Semoga Bermanfaat!

Ikuti kursus gratis tentang produktivitas via email selama 5 hari, dengan klik di sini.

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 4 comments
Ekoristio - April 13, 2018

Selalu mendapatkan insight baru setiap kali membaca artikel pak andreas bordes. thanks ya pak buat ilmu yg dibagikan, sangat bermanfaat dan memberikan energi positif dalam menjalani kehidupan.

Reply
Dewi Christy - May 13, 2018

Artikel Pak Andreas membuat saya semakin lebih percaya diri lagi untuk melakukan setiap pekerjaan yang menurut saya sulit.
kata – kata dan pikiran yang buruk memang sangat mempengaruhi segala tindakan yang akan kita lakukan, dan itu sangat menghambat keberhasilan kita.
Dengan teknik CBT semoga bisa banyak bermanfaat bagi semua orang.

semangat buat Pak Andreas di tunggu lagi ya artikelnya yg lain !!

Reply
    Andreas Bordes - May 13, 2018

    Yes, terima kasih Dewi. Tunggu artikel dan konten2 saya lainnya yah. Sukses selalu Dewi!

    Reply

Leave a Reply: