5 Cara Mengatasi Rasa Takut Penolakan

Artikel ini merupakan tulisan dari salah satu mentor saya, Kang Fuad Zakiy ( otakjualan.com )

Orang yang jago jualan itu justru mencintai penolakan, bukan menakutinya.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi rasa takut ditolak? Nih, saya bagi tips-nya:

1. Miliki keyakinan yang bulat bahwa penjual yang sukses bukanlah penjual yang tidak pernah ditolak. Penjual yang sukses juga pernah ditolak, bahkan mungkin lebih sering, tapi mereka selalu fokus solusi dan selalu kreatif mencari cara baru untuk lebih mudah melakukan penjualan.

2. Miliki identitas yang kuat

“I’M A WINNER.. I LIVE WITH PASSION.. I OWN MY SELF.. I TACKLE PROBLEMS AND I SOLVE THEM”

I’M A WINNER.. Ya, Anda terlahir sebagai pemenang! Kalau hanya ditolak kemudian menyerah, coba Anda bayangkan bahwa Anda telah mengalahkan ratusan juta sel sperma Ayah Anda lainnya yang kemudian hanya Anda yang diterima oleh sel telur ibu Anda dan membuat Anda bisa ada di muka bumi ini. Sejak awal penciptaan Anda, Anda ditakdirkan sebagai pemenang!

I LIVE WITH PASSION.. Ya, hiduplah penuh dengan gairah! Tidak ada satupun penolakan yang membuat Anda sedih ataupun kecewa, karena penolakan justru membuat Anda semakin tertantang bukan tertekan. Anda berhak memilih hidup dengan penuh gairah!

I OWN MY SELF.. Ya, Anda bertanggung jawab terhadap diri Anda sendiri! Penolakan adalah bukti kurangnya Anda membangun kedekatan dengan prospek.. Jangan menyalahkan prospek, juga jangan menyalahkan produk/jasa yang Anda jual, ambil tanggung jawab untuk mau selalu belajar dari yang terbaik dan meng-upgrade knowledge bahkan skill untuk melakukan penjualan. Hidup Anda adalah tanggung jawab Anda sendiri!

I TACKLE PROBLEMS AND I SOLVE THEM.. Ya, percayalah di setiap masalah akan selalu ada jalan keluar. Jangan pernah lari dari penolakan. Hadapi dan terus cari solusi. Anda hadir bukan untuk “menyedot” uang prospek, Anda hadir justru sebagai malaikat penyelamat yang memberikan solusi atas kepentingan prospek. Hadapi penolakan dan temukan solusinya!

3. Ubah gerak

Coba Anda ingat kembali bagaimana posisi tubuh Anda ketika ditolak. Atau coba Anda lihat bagaimana postur para penjual lainnya ketika ditolak.

Rata2, wajah mereka berubah jadi muram. Posisi wajah agak merunduk. Posisi bahu menutup. nafasnya pendek-pendek bahkan kadang seringkali nahan nafas beberapa detik. Berjalannya pun terlihat sempoyongan. Mendadak jadi pendiam karena dalam hatinya menggerutu.. benar?

Kalau memang benar, hati2! Karena bukan penolakannya yang membuat Anda trauma, tapi sikap Anda!

Ubah gerak Anda! Senyum dan angkat wajah Anda. Buka posisi bahu Anda. Tarik nafas panjang-panjang. Berjalanlah dengan gagah. Kalau perlu, teriakkan “YES!” berulang kali. Tentunya jangan teriak2 di depan umum atau di depan prospek Anda, bisa2 dipikir Anda gila. Hehe.. cari tempat yang nyaman untuk merubah mood Anda.

Ingat.. Tony Robbins (World’s #1 Success Coach) pernah berkata “Our Emotion is Created by Our Motion” – “Emosi kita diciptakan oleh gerakan kita”.

4. Ubah pertanyaan di dalam diri

Seringkali ketika ditolak entah sadar atau tanpa sadar kita akan selalu bertanya di dalam diri sendiri “kenapa sih kok ditolak?”, “kenapa sih udah hampir deal kok tiba2 orangnya menghilang?”, “kenapa sih … ?”, “kenapa sih … ?”

Tahukah Anda, pertanyaan tersebut membuat Anda mengeluarkan sejuta alasan yang membuat Anda tidak berdaya!

Ubah pertanyaan ke dalam diri Anda menjadi:
1. Siapa orang yang lebih jago jualan?
2. Apa yang membedakan saya dengan orang-orang yang jago jualan?
3. Bagaimana caranya supaya jago jualan?

Dengan pertanyaan2 demikian, akan membuat Anda menemukan sejuta solusi untuk membuat Anda bertumbuh!

5. Ubah pilihan kata yang sering diucapkan dan didengar

Ubah musik mellow yang sering Anda dengar, ganti dengan musik2 yang membuat Anda bersemangat.

Ubah pergaulan Anda dari orang2 yang suka mengeluh dan ngomongin kejelekan orang lain, bergaullah dengan orang2 yang positif..

Ubah kata2 kotor yang mungkin sering Anda ucapkan, katakan sesuatu yang mebuat Anda lebih berdaya!

Ingat, penolakan terjadi karena Anda berusaha. Kalau Anda tidak mengalami penolakan, bisa jadi Anda hanya duduk diam dan terpuruk dengan rasa takut Anda. Semakin sering ditolak, semakin dekat dengan closing!

Sudah siap menghadapi penolakan demi penolakan?

Semoga bermanfaat,

Fuad Zakiy
OtakJualan.com

NB: Untuk mendapatkan update,ilmu ilmu jualan lainnya, serta bergabung di komunitasnya secara gratis, cek infonya di:  OtakJualan.com

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: