Bagaimana membuat Karyawan Anda Loyal

Untuk meraih hal yang dahsyat, tentunya kita membutuhkan tim, untuk mengerjakan berbagai aktivitas untuk mencapainya. Karena tenaga dan waktu kita pasti terbatas, tangan kita pun hanya dua, terbatas untuk melakukan banyak hal. Bisa kebayang kan, gimana jadinya kalau kita bangun rumah mewah sendirian, butuh waktu berapa lama? Hehehe.

Mencari orang yang tepat untuk masuk ke dalam tim kita itu susah susah gampang. Kadang dapet yang bisa diajak kerja sama, kadang tidak. Atau, Anda sudah memiliki tim yang ideal, eh malah orang Anda diambil perusahaan lain.

Kita jadi harus kembali mencari orang yang tepat. Yang tentunya membutuhkan waktu, tenaga, juga uang jika kita memasukkan iklan lowongan pekerjaan di media.

Karyawan Loyal

Maka dari itu, sebagai pemimpin, penting untuk bisa mempertahankan karyawan / tim terbaik Anda. Bagaimana caranya?

Banyak orang berpikir, uang adalah alasan seseorang bertahan dalam sebuah pekerjaan. Ternyata bukan! Uang / gaji memang penting untuk menarik seseorang masuk ke dalam sebuah perusahaan. Tetapi yang membuat mereka bertahan, bukanlah uang.

Orang akan bertahan pada pekerjaan yang mampu memenuhi value atau nilai yang paling penting dalam hidup nya.

Agar lebih jelas, mari kita gunakan contoh.

Bayangkan ada seorang karyawan yang memiliki value variasi. Mungkin di awal pekerjaan, ia akan merasa nyaman karena apa yang dikerjakan masih menjadi sesuatu yang baru bagi dirinya. Namun setelah ia menguasai, dan pekerjaannya itu itu saja. Ia akan mulai merasa bosan dan ingin mendapatkan variasi. (sesuai dengan value nya)

Meskipun ia memiliki gaji yang cukup tinggi di perusahaan tersebut, namun ia bisa saja menerima pekerjaan lain yang lebih menantang dan memiliki variasi, meskipun dengan gaji yang lebih rendah.

Begitu juga sebaliknya, ada orang yang value atau nilai yang paling penting bagi dirinya adalah kepastian. Orang tipe ini biasanya menyukai pekerjaan yang rutin atau monoton. Setiap hari pekerjaannya itu itu saja. Jika dengan orang seperti ini, kita memberikan tantangan macem macem, itu akan membuat dia tidak nyaman. Lebih baik, tempatkan dia di pekerjaan yang memang sifatnya rutin. Misalnya sebagai admin.

Untuk orang yang memiliki value atau nilai yang paling penting adalah tantangan, kita bisa jadikan dia sales / marketing, lalu kita berikan target. Setiap ia mencapai target, ia akan mendapatkan reward, lalu pelan pelan kita naikkan juga targetnya. Itu akan menjadi sebuah tantangan yang seru bagi dirinya.

Kalau berdasarkan pengalaman pribadi saya, sejak 5 tahun lalu, saya selalu mau “bekerja” di seminar Pak Tung Desem Waringin, tanpa dibayar. Ya, tanpa dibayar. Setiap Beliau seminar di Surabaya, saya selalu mau membantu. Entah jadi pengisi seminar, MC, hingga menjadi operator musik.

Why?

Karena ketika saya bantu di seminar Beliau, value saya terpenuhi yaitu GROWING atau BERTUMBUH. Ketika membantu di seminar Beliau, saya selalu belajar hal baru, dan bertumbuh menjadi lebih baik. Saya juga bisa menambah kenalan baru, dengan orang orang top. Seringkali saya juga bisa makan siang dengan Pak Tung, dan di situ saya mendapatkan ilmu ilmu berharga yang tidak disharingkan di seminar. Itu menurut saya lebih dari sekedar uang. Dan itu yang membuat saya loyal.

Jadi, karyawan menjadi loyal atau termotivasi dalam pekerjaan, bukan karena uang, tetapi lebih karena pekerjaannya memenuhi value dalam dirinya. Sebagai pimpinan, kita harus tahu apa yang paling penting dari tim kita, lalu kita hubungkan pekerjaannya dengan value orang tersebut.

Mau 7 ebook gratis dari saya, tentang MOTIVASI, PSIKOLOGI, PENGEMBANGAN DIRI, DAN KESUKSESAN. PLUS 3 Audio bagaimana meningkatkan produktivitas Anda? Silahkan WA di nomor pribadi saya : 085752086778 , tulis (nama) spasi (email). 7 ebook & 3 audio tadi, akan saya kirim via email.

Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: