3 Cara mengatasi Kecanduan Gadget

Hal yang membuat kita tidak produktif adalah distraksi atau gangguan. Kenapa? Karena ketika kita lagi kerja lalu ada gangguan, untuk mengembalikan fokus untuk bekerja lagi, otak membutuhkan waktu untuk memulai lagi. Kalau hal ini sering terjadi berulang ulang, otak akan cepat jadi lelah.

Jadi lebih baik kita fokus mengerjakan satu hal sampai selesai dulu, baru mengerjakan yang lain. Jika Anda ingin cek handphone dan lain-lainnya, boleh saja, namun tunggu sampai pekerjaan selesai dulu. Pada kenyataannya, orang jaman sekarang seringkali cek gadget terus menerus, sehingga pekerjaannya terhambat.

Pertanyaannya, kenapa seseorang kecanduan gadget atau sosial media?

Salah satunya adalah perasaan feel good ketika cek sosial media. Kita tentu senang ketika foto kita mendapatkan like dari orang lain, dapat komentar, atau story kita di instagram dilihat oleh banyak orang. Kita mendapatkan perasaan berharga di sana. Padahal di satu sisi, kita jadi tidak produktif (kecuali Anda selebgram atau pekerjaan Anda menggunakan instagram untuk pemasaranya.)

Pernah ga, Anda mengalami hal ini:

Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda akan cek social media selama dua menit atau tiga menit saja. Tapi apa yang terjadi? Anda justru menghabiskan waktu berjam jam hanya untuk main gadget / social media. Akhirnya waktu Anda terbuang percuma hanya karena yang awalnya ingin main gadget beberapa menit saja.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menjadi jauh lebih produktif?

Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan sosial media untuk hal-hal yang tidak penting. Caranya dengan melakukan “Scheduling”.

Anda menjadwalkan tidak hanya kegiatan Anda, namun juga jadwal Anda “main gadget / social media”.

Contohnya misalnya dalam sehari Anda menjadwalkan bermain gadget hanya pada jam istirahat dari pukul 12.00 sampai 13.00, dan saat pulang kerja dari pukul 17.00 sampai 18.00. Di luar jam itu Anda akan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan Anda / menikmati waktu dengan orang sekitar Anda, bukan sibuk dengan gadget nya sendiri.

Dengan menjadwalkan seperti itu Anda bisa jadi lebih fokus dalam bekerja. Anda fokus bekerja sampai selesai dan tidak terganggu dengan sosial media Anda.

Langkah kedua adalah : delete aplikasi sosial media di handphone Anda. Mengapa? Karena kalau kita mencoba menahan rasa ingin mengecek gadget / sosial media, itu artinya “melawan” will power* kita. Will power kita terbatas dalam sehari. Ketika kita sudah menggunakannya untuk mencoba menahan diri untuk tidak mengecek sosial media akhirnya seringkali will power itu habis, dan kita justru menikuti kebiasaan lama.

Lalu daripada kita melawan will power kita seperti itu, lebih baik kita menggunakan will power kita untuk mengatur agar lingkungan kita mendukung kita untuk jadi produktif, yaitu dengan cara menghapus aplikasinya.

Jadi dengan menghapus aplikasi sosmed, hasrat main gadget Anda berkurang, karena aplikasi nya ga ada, Anda harus download aplikasinya dulu, butuh waktu dan mungkin menghabiskan kuota juga akhirnya membuat Anda menjadi malas bermain sosmed dan jadi lebih fokus ke pekerjaan Anda.

Cara ketiga untuk mengurangi dan menghilangkan kecanduan gadget adalah dengan fokus pada aktivitas kunci untuk mencapai goal Anda.

Coba sekarang Anda tuliskan goal Anda, beserta apa 3 aktivitas utama nya untuk mencapai goal tersebut. Pertanyaannya apakah ada di daftar tersebut aktivitas yang menggunakan social media untuk cek kepo in orang atau hanya sekedar lihat lihat saja?

Jika tidak ada, lebih baik mulai Anda hapus apps tersebut, sehingga Anda bisa lebih banyak fokus pada kegiatan kegiatan kunci untuk mencapai goal Anda. Waktu Anda tidak banyak habis hanya untuk mengecek gadget atau social media saja.

Itu dia tadi 3 cara untuk mengatasi kecanduan gadget / social media, silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat ya! Ohya jika Anda punya pertanyaan terkait kecanduan gadget, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat! Salam produktif!

Mau mendapatkan gratis kursus produktivitas? Klik banner di bawah ini:

Andreas Bordes
 

Hai Saya Andreas Bordes, saya adalah Trainer dan Konsultan HRD. Saya membantu perusahaan ataupun individu yang memiliki tim agar bisa memotivasi dan memberdayakan tim nya serta diri sendiri, sehingga mampu mencapai goal mereka dengan lebih mudah, karir meningkat dan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: